Sabtu, 20 Juli 2024 |  

SMK Al-Muhtadin & UPTD Puskesmas Cipayung Galakkan Gerakan Masyarakat Sekolah Sehat Tahun 2023

  • Admin Website
  • Disukai 623
  • Dibaca 1341 Kali

SMK Al-Muhtadin bekerjasama dengan UPTD Puskesmas Cipayung, bahu membahu menggerakkan masyarakat sekolah dan lingkungannya agar selalu peduli dengan kesehatan diri dan lingkungan hidup. Salah satu misinya, yaitu mengadakan Pemeriksaan Kesehatan untuk seluruh masyarakat sekolah, yaitu para siswa siswi, guru-guru dan karyawan di SMK Al-Muhtadin. Pemeriksaan kesehatan bagi siswa dan Guru SMK Al-Muhtadin ini dilaksanakam pada hari Senin dan Selasa, tanggal 7 s/d 8 Agustus 2023 , di ruang serbaguna YPI. Al Muhtadin.

Pemerikasaan kesehatan oleh pihak UPTD Puskesmas Cipayung ini dimaksudkan untuk mengedukasi siswa dan seluruh sivitas akademika sekolah agar sadar untuk hidup sehat.

Pemeriksaan kesehatan kepada seluruh masyarakat sekolah ini dilakukan untuk memberikan himbauan kepada Siswa-siswi dan masyarakat dalam lingkungan sekolah agar selalu menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh, dan agar tidak mudah terserang oleh beragam penyakit.

    

Dr. Heka Putri Jayanti, salah satu tim Dokter dari UPTD Puskesmas Cipayung mengatakan bahwa ada beberapa pemeriksaan yang dilakukan di sekolah, di antaranya seperti pemerikasaan tinggi badan, pemeriksaan HB, pemeriksaan gigi dan mulut, pemeriksaan kuku, telinga, dan juga mata. Masyarakat sekolah juga di cek gula darahnya dan ada juga pemberian tablet obat penambahan darah apabila ada siswa-siswi atau guru yang memiliki potensi kekurangan darah.

Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan langsung oleh para tim profesional di bidangnya, dan dibantu juga oleh Tim UKS SMK Al-Muhtadin yang saat ini dibina dan dibimbing oleh salah satu guru yaitu Ibu Suryanih, S. Pd.

tidak hanya siswa-siswi dan guru saja yang mengikuti pemeriksaan kesehatan ini, tetapi ada juga karyawan dan masyarakat sekitar yang turut berpartisipasi dalam pengecekan kesehatan tersebut.

Pada saat pengecekan kesehatan ada beberapa kejadian lucu dialami peserta pemeriksaan kesehatan, seperti salah satunya ada banyak siswa laki-laki yang ternyata takut disuntik. Atas saran dan perhatian para tim kesehatan puskesmas, akhirnya siswa-siswa ini mau memberanikan diri melakukan cek kesehatan tersebut.

Bapak Sahadi, ST., selaku Kepala Sekolah menyampaikan rasa terimakasih dan penghargaan atas bantuan tim UPTD Puskesmas Cipayung Depok dalam melaksanakan pengecekan kesehatan bagi masyarakat sekolah di SMK Al-Muhtadin.

-Tim Redaksi-


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *